Senin, 30 Juli 2012

PENGENALAN PERANGKAT KERAS MESIN CNC LATHE

A.            Pengertian Mesin CNC
CNC singkatan dari Computer Numerical Control. Secara sederhana CNC dapat diartikan pengendalian angka atau numerik oleh computer. Mesin CNC akan bergerak apabila ada titik koordinat(numeric) yang akan dituju dan ada perintah dari computer. Jadi syarat utama mesin CNC bisa bekerja adalah adanya KOORDINAT/NUMERIK/ANGKA dan KONTROL/PERINTAH (berupa kode).
B.            Bagian Utama Mesin CNC
Secara garis besar bagian utama mesin CNC dibagi menjadi 3,yaitu Bagian Mekanik,Bagian Elektrik dan Controller.
1.             Komponen Mekanik : Komponen pada mesin yang bergerak
Contoh: Slide Sumbu X/Z, Tool Post, Spindle,dll
2.             Komponen Elektrik : Komponen mesin yang berfungsi memberikan tenaga ke komponen Mekanik supaya bergerak sesuai perintah Controller.
Contoh: Motor Servo,Spindle Driver,Power Supply,dll
3.             Controller : Komponen mesin yang berfungsi mengatur seluruh kegiatan mesin,Controller adalah otak dari mesin CNC.Ada banyak merk controller di dunia.
Contoh : FANUC,EMCOTRONIC,MAHO,GSK,dll
Secara sederhana komponen mesin CNC kita analogikan seperti tubuh kita. Otak adalah Controller,yang memberikan perintah kepada Saraf Otot (komponen elektrik),yang kemudian saraf otot menggerakan kaki kita untuk bergerak (komponen mekanik). Dibawah ini contoh gambar komponen mesin CNC.

Komponen Mekanik 
 Komponen Elektrik

A.            Cara Kerja Mesin CNC
Cara kerja mesin CNC sebenarnya adalah gabungan kesimpulan dari penjelasan A.1 dan A.2. Cara kerjanya adalah Data Numerik dan Kode Perintah dimasukan ke Controller sebagai inputan data, kemudian Data tersebut oleh Controller akan diubah menjadi sinyal perintah ke komponen Elektrik,oleh komponen elektrik sinyal perintah tersebut diterjemahkan berupa memutus,menyambung dan mengatur arus yang akan masuk ke komponen mekanik,sehingga komponen mekanik bisa bergerak sesuai perintah Controller. Secara sederhana di gambarkan pada skema dibawah ini. 


 
SKEMA 1

A.            Fungsi Mesin CNC
Pembuatan mesin CNC dilatarbelakangi oleh tuntutan produksi,dimana pengerjaan dalam jumlah yang besar dalam waktu yang singkat dan ketelitian ukuran yang tinggi. Permintaan seperti itu tidak bisa dipenuhi oleh mesin manual yang konvensional. Jumlah produk yang besar dapat dicapai oleh mesin CNC karena penyetingan benda kerja dan alat kerja hanya sekali dan pergerakan mesin secara otomatis dan berulang sesuai keinginan kita. Dan ketelitian yang tinggi dapat dicapai karena mesin CNC menggunakan system penggerak dan alat penggerak yang mempunyai ketelitian tinggi juga.
B.            Pengoperasian Mesin CNC
Untuk mengoperasikan mesin CNC tidak boleh dilakukan oleh sembarang operator yang belum memahami cara kerja mesin CNC. Untuk mengoperasikan mesin CNC dibutuhkan training



khusus untuk mengenal dan mengoperasikan mesin ini,tanpa latihan terlebih dahulu maka operator tidak di perkenankan untuk mengoperasikan mesin CNC,karena dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan operator dan penggunaan yang tidak benar dapat mempercepat kerusakan mesin. Berikut adalah syarat wajib sebelum mengoperasikan mesin CNC :
1.      Mengetahui komponen komponen penunjang mesin CNC supaya mesin bisa berjalan dengan baik.
Contoh : Besarnya listrik yang dipakai, pemakaian angin,oli pelumas,dll
2.      Mengenal fungsi setiap tombol pada bagian Control.
3.      Mengetahui dasar pembuatan program secara manual (dengan menggunakan G-kode,M-kode).
4.      Mengetahui cara memasukan atau transfer program ke Controller.
5.      Mengetahui cara untuk setting benda kerja dan alat potong.
6.      Mengetahui prosedur yang benar untuk melakukan jalan mesin secara otomatis.
7.      Mengetahui instruksi keselamatan kerja.




0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi BLOG saya