Senin, 11 November 2013

Kegiatan LESSON STUDY

Kalau diamati secara filosofis, ada perubahan mendasar yang dilakukan untuk meningkatkan hasil pembelajar- an melalui berbagai pendekatan. Siswa yang selama ini dianggap sebagai obyek pendidikan, ditingkat- kan kedudukannya sebagai subyek pendidikan. Perubahan pendekatan dari penekanan pada bagaimana guru mengajar (teacher-centered) menjadi bagaimana siswa belajar (student-centered) ini melekatkan segala pertimbangannya kepada murid terlebih dahulu, bukan kepada guru seperti yang selama ini berlangsung. Mempertimbangkan proses pembela-jaran yang akan berlangsung juga didasarkan kepada apa yang harus dilakukan murid. Muridlah yang menjadi titik perhatian, sumber penilaian, dan sumber masukan untuk peningkatan kinerja pembelajaran. Inilah nampaknya yang dianut dalam Lesson Study.

Didalam peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,  Bab IV pasal 19 ayat 1 dinyatakan bahwa proses pembe-lajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa  untuk berpartisi-pasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi siswa.
Lesson study merupakan salah satu bentuk pembinaan guru (in-service) yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan profesionalisme guru. Dengan lesson study para guru dapat leluasa meningkatkan kinerja dan keprofesio-nalannya yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan meghasilkan siswa yang berkualitas tinggi. Slamet Mulyana (2007) mem-berikan rumusan tentang Lesson Study sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar .. Silahkan materi DIKLAT Lesson STUDY di sedot  DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi BLOG saya